News

Peacetival Convey Indonesia

Blog Single

Akbar, Yazid, dan Bagus tiga anak muda Indonesia cerdas bersemangat. Karena terpapar informasi di internet, mereka tertarik untuk bergabung dengan ISIS di syiria. Yazid dan Bagus tewas di Syiria tahun 2015, sementara Akbar urung berangkat karena peran keluarga yang mendukungnya.

Akbar Yazid dan Bagus adalah tiga sosok dari ratusan WNI yang tertarik dengan gagasan ekstrim. Diperkirakan 600an WNI yang bwrangkat ke Syiria. Di Indonesia sendiri, ada sekitar 10 juta orang atau 4% yang setuju dengan gagasan ISIS (Data Pew Research).

Melihat fenomena di atas PPIM UIN Jakarta bekerjasama dengan 18 lembaga kampus dan NGO selama setahun terakhir melaksanakan program Convey (countering violent extremisme in youth). Sebanyak 22 program meliputi riset, kebijakan dan kampanye dilakukan. Beberapa riset di antaranya berhasil memetakan bagaimana peran internet, literatur dalam membentuk pemikiran keislaman generasi millennial serta bagaimana tumbuhnya konservativisme dan intoleransi di kalangan Gen-Z. Di bawah program CONVEY juga diilaksanakan sejumlah aktivitas anak muda seperti Youth Camp, Boardgame for Peace, media campaign dll.

Peacetival Convey Bandung, Makassar

Untuk mensosialisasikan hasil program convey selama setahun terakhir, PPIM, UNDP bekerja sama dengan PeaceGeneration melangsungkan Peacetival convey Indonesia 2018 di Bandung 11 Maret 2018 dan Makassar 18 Maret 2018.

Pada acara ini berbagai aktivitas digelar. Dari musik, kabaret, dance, Talk The Peace, hingga PeaceZone wahana permainan bertema perdamaian dan yang pasti Galery Convey yang menampilkan informasi penting mengenai program convey termasuk hasil risetnya.

Pada Peacetival bandung tgl 11 kemarin, diperkirakan sekitar 6000 pengunjung hadir dan berpartisipasi. Panggung dimeriahkan oleh Endah and Resha serta band band anak muda Bandung. Ratusan keluarga mengajak anak-anak mereka untuk bermain di PeaceZone. Acara Talk The Peace yang menghadirkan Fuad Jabali PhD, Inayah Wahid, Irfan Amalee dan Eric Lincoln juga dipadati peserta.

Peacetival Convey Makassar tak akan kalah menarik. Puluhan komunitas anak muda terlibat dalam persiapan dan pengelolaan acara. Panggung musik akan dimeriahkan band indie seperti Sisir Tanah, Kapal Udara, Ruang Baca. Sementara Talk The Peace akan menghadirkan narasumber Didin Syafruddin PhD (PPIM UIN jakarta), Irfan Amalee (PeaceGen) , dan Fadlan L Nasurung (Gusdurian) Acara yang akan digelar di Mal Ratu Indah Makassar ini akan menjadi wahana bagi warga makassar untuk wisata sambil mempelajari perdamaain dan menyadari bahaya ekstremisme khususnya di kalangan anak muda.

Rangkaian program CONVEY akan ditutup dengan CONVEY DAY yang akan digelar di Jakarta 27 Maret 2011. Pada acara ini akan digelar semua hasil riset, rekomendasi kebijakan serta capaian program kampanye media.

 

Untuk informasi lebih lengkap dan wawancara media :

PeaceGeneration Indonesia | Jl Cijagra 48, Lengkong Kota Bandung | Kontak : Taufik +62 856 24303441 taufiknurhidayatulloh@peace-generation.org atau salam@peace-generation.org

Posted by Admin

Administrator