News

SJFP: Menebar Benih Perdamaian bersama Pramuka

Blog Single

Oleh: Kak Zeze
Koordinator MoP Jawa Barat-Indonesia

Kegiatan Scout Journey for Peace (SJFP) adalah salah satu project Messengers of Peace Indonesia di wilayah Kwartir Daerah Jawa Barat. Kegiatan SJFP lebih menitikberatkan pada perjalanan damai Pramuka untuk menyebarkan pesan-pesan Perdamaian di Kereta Api dan area sekitar stasiun Kereta Api.

Pada perjalanan khusus kali ini, 6 Pramuka Indonesia melakukan perjalanan damai (peace journey) ke Lampung dengan menempuh perjalanan PP (pulang pergi) 20 Jam dari Stasiun Tanah Abang-Rangkasbitung-Merak Banten, dan dilanjutkan menyebarang Selat Sunda untuk sampai ke pelabuhan Bakauhuni Lampung.

Peserta SJFP, selain mengajak para penumpang kereta api untuk menyebarkan perdamaian, mereka juga melakukan beberapa kegiatan seperti Dialogue for Peace dengan mengajak berdialog tentang perdamaian, persatuan dalam keberagaman. Selain itu, kita juga melakukan Social Service dengan membantu membawakan barang-barang penumpang, menghibur anak kecil, memberikan Origami dan mendongengkan buku 12 nilai Perdamaian.

Kemudian kegiatan Scout Expedition kebeberapa tempat di Lampung Selatan salah satunya Pantai Minang Rua dengan mensosialisasikan kebersihan kepada pengunjung wisata dan melakukan aksi Beach Cleaning Project di sekitar Wisata Pantai Minang Rua.

Selanjutnya, peserta SJFP berkesempatan juga bermain Board Game for Peace kepada adik-adik Pramuka yg sedang latihan bersama di area Menara Siger. Tentu kegiatan ini dapat berjalan berkat bantuan dan support dari Peace Generation Indonesia. Saya sebagai Project Leader Scout Journey for Peace (SJFP) Special Edition Lampung mengucapkan terima kasih banyak kpd Mr. Eric  dan Kang Irfan Amalee utk kerjasamanya dalam kegiatan ini. Teh Nenden dan seluruh AoP (Agent of Peace) Peace Gen yang telah membantu, baik secara moril maupun materil dalam kegiatan ini.

Saya mewakili adik-adik Pramuka menghaturkan terima kasih banyak. Mudah-mudahan perdamaian di Indonesia dapat tercipta dengan baik dan Pramuka Indonesia akan menjadi perekat NKRI dan Perdamaian.

Wassalam...

Posted by Admin

Administrator